Sabtu, 17 November 2012


TUGAS TERJEMAH MATA KULIAH BAHASA ARAB
Oleh: Nurul Ashar

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
والايمان قول باللسان وتصديق بالجنان وعمل بالاركان ودليل الأعمال أكثر من ان يحصى
Dan iman itu adalah ucapan dengan lisan, membenarkan dengan hati, dan perbuatan dengan anggota badan, dan adapun dasar-dasar dari amal terlalu banyak untuk dihitung.
وان كان العبديبلغ الجنة بفضل الله تعالى وكرمه لكن بعد ان يستعدبطاعته وعبادته لأن "رحمة الله قريب من المحسنين"
Walaupun seorang hamba mencapai syurga sebab anugrah dari Allah dan sifat karomnya(dermawan), akan tetapi itu akan dia dapatkan setelah adanya kesiapan seorang hamba untuk taat dan beribadah kepada Allah, karna sesungguhnya rahmat Allah itu dekatnya dari orang-orang yang baik.
ولو قيل أيضا : يبلغ بمجرد الايمان قلنا :نعم, لكن متى يبلغ ؟ وكم من عقبة كئود يقطعها ؟
Apabila dikatakan syurga dapat dicapai hanya dengan iman, maka kami katakan itu benar. Akan tetapi kapan dia akan sampai? Dan berapa rintangan berat yang harus dia dilewati?
فأول تلك العقبات عقبة الايمان, وانه هل يسلم من سلب الايمان ام لا ؟ واذافصل هل يكون خائبا مفلسا ؟
Maka permulaan dari rintangan itu adalah permasalahan iman, dan apakah dia selamat imannya ataukah tidak? Dan ketika dia telah mencapai iman apakah dia tergolong orang yang merugi dan bangkrut?
وقال الحسن البصري : يقول الله تعالى لعباده يوم القيامة : أدخلوا ياعبادي الجنة برحمتي واقتسموها بأعمالكم
Berkata Hasan Al-Bashri rhm : Allah ta’ala berfirman kepada hambanya  dihari kiamat: masuklah kalian wahai hambaku kedalam syurga dengan rahmatku, dan bagilah syurga itu sesuai amal perbuatan kalian.
أيهاالولد, مالم تعمل لم تجد الأجر, حكي أن رجلا من بني اسرائيل عبد الله سبعين سنة
Wahai seorang anak, selagi kamu tidak ber’amal maka kamupun tak dapat pahala, telah diceritakan seorang laki-laki dari bani israil menyembah Allah selama 70 tahun.
فأراد الله تعالى أن يجلوه على الملائكة فأرسل الله اليه ملكا يخبره أنه مع تلك العبادة لايليق به دخول الجنة
Kemudian Allah ingin menunjukkannya kepada para malaikat, maka Allah mengutus untuknya satu malaikat yang memberitahunya, bahwa sesungguhnya dia beserta ibadahnya selama ini tidak layak masuk syurga.
فلما بلغه قال العابد: نحن خلقنا للعبادة فينبغي لنا أن نعبده, فلما رجع الملك قال: الهي أنت أعلم بما قال
Kemudian ketika malaikat menyampaikan kepadanya maka hamba itu berkata: kami di ciptakan allah untuk beribadah maka keharusan bagi kami adalah tetap menyembahnya. Lalu ketika malaikat itu kembali diapun berkata: wahai tuhanku, engkau lebih tahu tentang perkataannya.
فقال الله تعالى: اذا هو لم يعرض عن عبادتنا فنحن مع الكرم لانعرض عنه اشهدوا ياملائكتي أني قد غفرت له
Maka Allahpun berfirman: jikalau begitu berarti dia tidak berpaling dari menyembahku, maka aku beserta sifat karomku(dermawanku) tidak akan berpaling darinya, saksikanlah wahai para malaikatku sesungguhnya aku benar-benar mengampuninya.
وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: حاسبوا قبل أن تحاسبوا وزنوا أعمالكم قبل ان توزنوا
Dan Rasulullah saw bersabda: hitunglah amal perbuatan kalian sebelum amal perbuatan kalian di hisab(hitung) Allah, dan timbanglah amal perbuatan kalian sebelum amal perbuatan kalian ditimbang Allah.
وقال علي رضي الله عنه: من ظن أنه بدون الجهد يصل فهو متمن, ومن ظن أنه بالجهد يصل فهو مستغن
Berkata sahabat ‘Ali ra: barang siapa menyangka sesungguhnya tampa adanya usaha dia akan sampai pada apa yang dia inginkan maka dia adalah orang yang menghayal, dan barang siapa merasa dengan usahanya sendiri akan mencapai tujuan maka dia orang yang tak membutuhkan Allah(sombong).
وقال الحسن رحمه الله تعالى: طلب الجنة بلا عمل ذنب من الذنوب. وقال: علامة الحقيقة ترك ملاحظة العمل لاترك العمل
Dan berkata Al-Hasan ra: meminta syurga tampa mau beramal adalah satu dosa dari beberapa dosa. Dan dia juga berkata: tanda orang yang mencapai maqom haqiqat ialah meninggalkan dari memandang pahala suatu amal tanpa meninggalkan amalnya.
وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: الكيس من دان نفسه وعمل لمابعد الموت, والأحمق من اتبع هواه وتمنى على الله الأماني
Dan Rasulullah saw bersabda: orang yang cerdas ialah orang yang mau merendahkan dirinya dan mau beramal untuk bekal setelah mati, dan orang yang tolol ialah orang yang mengikuti hawa nafsunya dan mengharap kepada Allah beberapa harapan(hayalan).
أيها الولد كم من ليال أحييتها بتكرارالعلم ومطالعة الكتب وخرمت على نفسك النوم ؟ لا أعلم ماكان الباعث فيه ؟
Wahai seorang anak, berapa malam kau tetap terjaga dengan mengulang-ulang ilmu, mempelajari kitab-kitab dan kau lewatkan tidur atas dirimu? Aku tidak tahu apa yang mendorong itu semua?
ان كان نيل العرض الدنيا وجذب حطامها وتحصيل مناصبها والمباهة على الأقران والأمثل فويل لك ثم ويل لك
Namun jika tujuannya adalah mendapatkan dunia, menarik harta bendanya, menghasilkan pangkatnya, buat bangga-banggaan atas teman-teman dan sesama, maka kehancuran bagimu dan sekali lagi kehancuran itu bagimu.
وان كان قصدك فيه احياء شريعة النبي صلى الله عليه وسلم وتهذيب أخلاقك وكسر النفس الأمارة بالسوء فطوبى لك ثم طوبى لك
Dan apabila tujuanmu didalamnya adalah untuk menghidupkan ajaran Nabi saw, untuk membersihkan akhlaqmu, untuk mengalahkan nafsu yang cenderung mendorong perberbuatan buruk, maka keberuntungan bagimu dan sekali lagi keberuntungan itu bagimu.
ولقد صدق من قال شعرا: سهر العيون لغير وجهك ضائع # وبكاؤهن لغير فقدك باطل
Dan sungguh benar perkataan seseorang yang berupa sya’ir: terjaganya mata(tidak tidur) selain karnamu adalah kesia-siaan # dan menangisnya mata tidak karna kehilanganmu adalah sebuah kekeliruan.
أيها الولد عش ماشئت فانك ميت وأحبب ماشئت فبأنك مفارقه واعمل ماشئت فانك مجزي به
Wahai seorang anak, hiduplah sesukamu sesungguhnya kamu akan mati, mencintailah sesukamu sesungguhnya kamu akan meninggalkannya, dan berbuatlah sesukamu sesungguhnya kamu akan dibalas denganya.
أيها الولد, أي شيء حاصل لك من تحصيل علم الكلام والخلاف والدواوين والأشعر والنجوم والعروض والنحو والتصريف غير تضييع العمر بخلاف ذي الجلال
Wahai seorang anak, manakah sesuatu yang kau dapatkan setelah berhasil menguasai ilmu kalam(theology), ilmu tentang perbedaan pendapat, arsi-arsip syair, ilmu tentang syair(lagu), ilmu bintang(astrologi), ilmu ‘arud, ilmu nahwu(gramatika), ilmu shorof, itu selain menyia-nyiakan usia beda halnya ilmu yang mendekatkan kepada Allah.
اني رأيت في انجيل عيسى عليه الصلاة والسلام: من ساعة ان يوضع الميت على الجنازة الى ان يوضع على شفير القبر يسأل الله بعظمته منه أربعين سؤالا
Sesungguhnya aku melihat dalam kitab Injilnya Nabi Isa as: dari waktu mayyit ditaruh di atas keranda hingga ditaruh dibibir liyang kubur Allah dengan keagungannya akan bertanya darinya 40 pertanyaan.
أولها يقول: عبدي طهرت منظر الخلق سنين وماطهرت منظري ساعة وكل يوم ينظر في قلبك يقول: ماتصنع لغيري وأنت مخفوف بخيري أما أنت فأصم لاتسمع!
Pertamanya adalah perkataan Allah: hambaku, kau bersihkan pandangan makhluq(terhadapmu) bertahun-tahun dan tidak membersihkan pandanganku satu jampun. Tiap hari kelihatan dalam hatimu perkataan: apa yang akan kau lakukan untuk orang lain dan kurang berfikir dengan kebaikanku. Apakah kamu tuli tidak mampu mendengar?!
أيها الولد, العلم بلا عمل جنون والعمل بغير علم لايكون
Wahai seorang anak, ilmu tampa diamalkan adalah perbuatan gila sedangkan amal tanpa ilmu adalah kosong(sia-sia).
واعلم أن العلم الذي لايبعد اليوم عن المعاصي ولايحملك على الطاعة لن يبعدك غداعن نار جهنم
Ketahuilah sesungguhnya ilmu yang hari ini tidak membuatmu menjauhi ma'siat dan tidak mendorongmu untuk berbuat taat, maka besok tidak akan menjauhkanmu dari api neraka jahannam.
واذا لم تعمل بعلمك اليوم ولم تدارك الأيام الماضية تقول غدا يوم القيامة: فارجعنا نعمل صالحا. فيقال: ياأحمق انت من هناك تجيء
Dan jika kau tidak mengamalkan ilmumu hari ini dan tidak mengganti amal-amalmu dihari-hari yang telah lalu, maka besok dihari kiyamat kau akan berkata: tolong kembalikan kami(ke dunia), maka kami akan beramal sholeh. lalu dikatan(untukmu): wahai tolol kamu itu sudah datang dari sana(dunia)!
أيها الولد اجعل الهمة في الروح, والهزيمة في النفس, والموت في البدن لأن منزلك القبر
Wahai seorang anak, jadikanlah cita-cita(semangat) dalam jiwamu, kekalahan pada nafsumu, dan kematian dalam ragamu, karna sesungguhnya tempatmu adalah liang kubur.
وأهل القبور ينتظرونك في كل لحظة متى تصل اليهم ؟ اياك اياك أن تصل اليهم بلا زاد
Sedangkan ahli kubur sedang menunggumu disetiap saat kapan kamu akan sampai kepada mereka? takutlah kamu, sekali lagi takutlah kamu sampai pada mereka tanpa bekal.



والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar: