Jumat, 20 Juli 2012

HUTBAH JUM'AH MENYAMBUT RAMADHAN


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله, الحمدلله الذي جعل شهر رمضان افضل الشهور. ضاعف فيه لمن عمل صالحا الاجور. أشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له . وان سيدنا محمد عبده ورسوله شهادة عبد شكور.
والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه واتبعهم على ممر الدهور.
أمابعد:
فيا أيها الحاضرون................ اتقوا الله ..............  اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون
Jama’ah jum’ah yang di rahmati allah,
           Pada kesempatan ini marilah bersama-sama kita tingkatkan kuwalitas iman & taqwa kita kepada allah. Dengan menjalankan segala perintah & menjauhi larangannya. Marilah kita mengkoreksi diri, sudah sampai dimanakah kita menerapkan nilai-nilai ketaqwaan dalam bertindak  & berperilaku.
Jama’ah jum’ah yang di rahmati allah,
           Sesuai sidang istbat pemerintah tadi malam, tinggal esok hari kita memasuki bulan yang amat mulia, yakni bulan ramadhan. Untuk itu, marilah kita bersiap diri  guna menyambut bulan tersebut dengan segala suka cita. Marilah kita bersihkan diri sucikan jiwa dari segala noda & dosa. Sebab dalam bulan tersebut kita mendapat kesempatan beribadah yang pahalanya berlipat ganda. Dalam hal ini nabi bersabda:
من فرح بدخول رمضان حرم الله جسده على النيران
Artinya: barang siapa bergembira dengan masuknya bulan romadhon, maka allah haramkan jasadnya masuk neraka.
Dalam sabdanya yang lain nabi bersabda:
ليس من عبد يصلي في ليلة من شهر رمضان الا كتب الله له بكل ركعة الفا وخمسمائة حسنة وبنى له بيتا في الجنة من ياقوتة حمراء لها سبعون الف باب لكل باب منها مصراعان من ذهب وله بكل سجدة شجرة يسير الراكب في ظلها مائة عام
Artinya: tiada seorang hamba yang melaksanakan sholat di suatu malam dari bulan ramadhon kecuali allah tulis untuknya disetiap rokaat 1500 kebaikan, & allah bangunkan untuknya rumah disurga yang terbuat dari berlian merah yang memiliki 70.000 pintu yang pada setiap pintunya terdapat dua daun pintu yang terbikin dari emas. & disetiap sujudnya allah berikan untuknya sebuah pohon yang naungannya tidak habis ditempuh perjalanan naik kendaraan selama 100 tahun.
            Dua buah hadist diatas kiranya cukup sebagai pendorong kita untuk benar-benar mempersiapkan diri & menggugah semangat untuk memperbanyak melaksanakan ibadah. Mari kita tinggalkan sementara atau kita kurangi aktivitas keseharian yang orentasinya duniawi, guna lebih mendekatkan diri kepada allah sang pencipta dengan beribadah.
Jama’ah jum’ah yang di rahmati allah,
             Untuk menyongsong bulan romadhon ini perlu kiranya kita tingkatkan pengetahuan kita tentang puasa sebagaimana mestinya. Agar puasa yang kita laksanakan benar-benar puasa yang sesuai dengan arah tujuannya. Sehingga benar-benar menambah kedekatan kita dengan tuhan yang maha esa. Sebagaimana yang allah firmankan dalam alquran:
يا ايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
Artinya: wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian supaya kalian tergolong orang-orang yang bertaqwa(QS.Al-Baqoroh: 183)
Membaca ayat di atas, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa puasa adalah ibadah menuju ketaqwaan. Dengan demikian maka puasa yang kita lakukan semestinya adalah puasa yang betul-betul dapat mengisi rohani kita, yang membawa pengaruh positif bathiniyyah, & lebih mendekatkan dengan tuhan.
             Adapun menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa dari fajar sampai tenggelamnya matahari hanyalah format luarnya saja. Maka dalam melaksanakan puasa kita harus bisa menyeimbangkan antara fisik & mental. Artinya: secara fisik kita meninggalkan makan, minum serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa, & secara mental kita hindari segala sesuatu yang dapat berakibat buruk pada batin kita. & lebih jauh lagi, kita jaga hati kita jangan sampai tergerak kearah yang negatif.
              Bila kita dapat menjalankan puasa yang demikian, maka saat itulah kita sebagai hamba benar-benar dekat dengan allah. Apa yang menjadi hajat kita serta merta akan dikabulkan oleh allah. Sebagaimana tercermin dalam hadist rosulullah saw:
ثلاثة لا ترد دعواتهم: الصائم حتى يفطر, والامام العادل, ودعوت المظلوم
Artinya: tiga golongan doanya tidak akan trtolak: 1- orang yang berpuasa hingga dia berbuka. 2- seorang pemimpin yang adil. 3- doanya orang yang dianiaya.
            Namun sebaliknya, jika puasa yang kita lakukan hanyalah sebatas fisik tanpa keseimbangan mental, maka tentu saja tidak akan mempengaruhi kondisi bathiniyyah & tidak akan mengantarkan kepada ketaqwaan. Rosulullah bersabda:
مسند ابن المبارك - (ج 1 / ص 44)
أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال رب صائم ليس له من صيامه إلا الجوع ورب قائم ليس له من قيامه إلا السهر
Artinya: banyak orang yang berpuasa yang tidak memperoleh apa-apa selain lapar, & banyak orang yang sholat malam hari yang tidak mendapatkan apa-apa selain tidak tidur.
            Untuk itu, hendaklah kita menambah kehati-hatian dalam menjalankan ibadah puasa. Karna tantangan & godaan saat berpuasa sangat mungkin datang menghadang. Namun jika kita benar-benar bisa menjaga diri, insyaallah kita dapat menghadapinya dengan selamat. Rosulullah berpesan kepada kita semua lewat sabdanya:
الصيام جنة, فاذا صام احدكم فلا يرفث ولا يجهل وان امرؤ قاتله او شاتمه فليقل اني صائم, اني صائم, مرتين.
Artinya: puasa adalah benteng, maka jika salah satu di antara kalian sedang berpuasa maka janganlah berbicara kotor & janganlah berbuat bodoh. & apabila seseorang bermahsud mencelakaimu & menghujatmu maka katakanlah seungguhnya aku sedang berpuasa, sesungguhnya aku sedang berpuasa(dua kali)
بارك الله لي ولكم في القراءن العظيم. ونفعني واياكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم. انه هو الغفور الرحيم.
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
يا ايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
وقل رب اغفر وارحم وانت ارحم الراحمين
Disampaikan oleh: Nurul Asyhar dimasjid jami’ “Almuttaqien” saat hutbah jum’ah. 20-07-12.

Tidak ada komentar: